Apa yang kita pahami tentang arti dari sebuah cinta dan kepercayaan?
Ketika kita jatuh cinta dan menemukan seseorang yang benar-benar kita cintai maka pastinya kita akan mempercayai orang itu dengan sepenuh hati kita, bahkan meskipun kita sudah mengetahui kalau orang tersebut tidak sepenuhnya jujur pada kita, kita tetap percaya karena kita mengasihi dan mencintainya. Percaya atau tidak, itulah kenyataan yang dapat kita jumpai dari sebuah hubungan percintaan.(orang-orang yang sudah pernah merasakannya, pasti ngangguk-ngangguk tanda setuju, dan berbahagialah untuk yang belum pernah merasakannya. Itu artinya anda tidak mudah ditipu..!!!, bahaha..). dan saat kita mencintai seseorang dengan sungguh, maka kita pasti akan melakukan apapun untuk menyenangkannya tanpa meminta imbalan atau balasan apapun, tujuan kita hanyalah agar orang yang kita sayang bisa merasa bahagia dalam hidupnya.
Bayangkanlah , betapa baiknya jika itu dapat kita aplikasikan dalam hubungan kita dengan BAPA yang lebih mencintai kita dengan tulus. Bagaimana kita mempercayai TUHAN dengan dasar cinta yang sungguh dari diri kita untuk-NYA bukan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dari-NYA melainkan mempercayai-NYA karena kita benar-benar mencintai dan mengasihi-NYA dengan sungguh. Mencintai-NYA bukan karena menginginkan sesuatu, tetapi mencintai-NYA karena kita benar-benar tergila-gila pada pribadi-NYA.
Bayangkanlah betapa bahagianya DIA ketika kita mengejar dan menggilai-NYA seperti ketika kita tergila-gila pada ketampanan christiano ronaldo atau kecantikannya megan fox.
Ketika kita tergila-gila pada satu sosok populer dalam hidup kita, maka bisa dipastikan ada alasan-alasan tertentu dibalik kegilaan tersebut.
Sebagai contoh dari alasan-alasan mengapa kita mudah mencintai seseorang :
Pria => Wanita :
• Cantik
• Sexy
• Mandiri
• Dewasa
• Lucu
Wanita => Pria :
• Ganteng
• Dewasa
• Atletis
• Berwibawa
• Humoris
• Pelindung
• Mapan
Semua alasan-alasan yang disebutkan diatas mungkin hanya sebagian kecil dari sesuatu yang menarik kita untuk menggilai seseorang. Karena ada juga yang menggilai seseorang berdasarkan jenis pekerjaan. Contohnya:
• Dokter (tipe suami yang aku idamkan semasa kecil, hahaha)
• Polisi ( nah, aku punya teman yang sangat tergila-gila dengan yang namanya polisi, percaya atau tidak, semua pacarnya adalah POLISI !!!)
• Perawat/mantri (kalo yang satu ini, jujur aku juga sangat tergila-gila dengan cowo yang berprofesi sebagai mantri, sayangnya ngga pernah jadian sama mantri tuch.., wkwkwk)
• Olahragawan ( yang satu ini jangan ditanya lagi, hampir semua wanita pasti memimpikan jadian dengan seorang pemain sepak bola, termasuk aku juga.. I love iker casillas. Jiakaka)
• Aktris/aktor ( sangat mendasar, dijamin semua mahluk dimuka bumi ini pernah bermimpi menikah atau minimal pacaran dengan artis/aktor idolanya. Termasuk aku juga hahaha)
Jadi yang menjadi pertanyaannya saat ini adalah, bisakah kita menggilai dan mencintai YESUS TUHAN kita seperti kita menggilai idola kita atau kekasih kita?. Coba kita pikirkan kembali alasan mengapa kita begitu mencintai christiano ronaldo, megan fox, iker casillas, irfan bachdim( mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan nama, soalnya dia bukan idolaku jadi kaga hapal namanya), justin biber, atau mungkin teman sekelas/kampus/kantor/tetangga kita . coba pikirkan kembali apa yang membuat kita begitu tertarik dan terpikat sampai mau melakukan apapun hanya untuk bisa membuat mereka tertarik, atau yang lebih parahnya kita akan menangis histeris hanya karena orang yang kita idolakan/cintai tidak mau menjumpai kita.( contohnya saat konser justin biber kemarin, banyak gadis-gadis yang menangis histeris hanya karena si JB ngga lewat didepan mereka, hooo…kata bang roma irama mah , “ terlaaaluu..” wkwkwk).
Bandingkan lah idola-idola kita dan orang yang kita cintai setengah mati dengan TUHAN YESUS. Bukankah dibandingkan dengan YESUS mereka tidak ada apa-apanya?. YESUS lebih hebat dari christiano ronaldo, DIA lebih pintar dari incaranmu di sekolah/kampus/kantor/tetangga. Bukankah DIA yang menciptakan dunia ini( itu jauh lebih hebat dari apapun !!!), DIA yang menciptakan keindahan tubuh dari megan fox, DIA yang memberikan kehebatan bermain bola pada christiano ronaldo, DIA yang membuat iker casillas hebat dalam menjaga gawangnya, bahkan DIA lah yang memberikan ketampanan diwajah iker casillas ,christiano ronaldo dan irfan bachdim. Dan YESUS pula lah yang memberikan talenta yang luar biasa dalam hal menari dan menyanyi pada diri seorang justin biber. DIA lebih berwibawa, bisa melindungi dan tentunya jauh lebih dewasa dari pria yang selama ini aku kagumi( maaf, namamu tak bisa kusebutkan, nanti aku kau somasi..wkwkwk).
Jadi mengapa begitu sulit bagi kita untuk bisa lebih mencintai, menggilai dan mempercayai YESUS dalam kehidupan kita.? YESUS menginginkan kita menjadikan-NYA yang terutama dalam hidup kita, tapi pada kenyataannya, DIA justru berada pada daftar kesekian dari hidup kita dan dikalahkan oleh idola dan orang yang kita cintai, yang tanpa kita sadari( atau mungkin 100% sadar) telah menjadikan mereka sebagai hal yang terutama dalam hidup kita.
Ketika ada yang bertanya, “ apakah kamu sungguh mencintai dan mengasihi YESUS dalam hidupmu.?”. maka kebanyakan dari kita dengan lantang akan menjawab “ YA, tentu saja DIA Lah yang terutama dalam hidupku.”. sugguh jawaban yang sangat mengharukan, tetapi apakah kita benar-benar bisa melakukannya? Menjadikan YESUS sebagai yang terutama.? Aku tidak mengatakan semua yang berkata seperti itu tidak benar-benar tulus, karena bukan aku yang bisa menyelidikinya( karena sampai saat ini pun, aku masih menyelidiki diriku sendiri), tetapi diri kita sendirilah yang bisa menemukan jawabannya. Apakah kita lebih memilih menghabiskan hari minggu kita dengan menonton bola untuk melihat idola kita yang sedang main, dari pada pergi ke gereja, dengan alasan tiap minggu kan ada gereja sekali absen kan ngga apa-apa.? .atau kita lebih memilih mengantarkan kekasih kita jalan-jalan dari pada menghadiri ibadah youth?, atau mungkin kita lebih memilih menghabiskan berjam-jam didepan layar komputer kita buat internetan FB/blog/YM’an/game/download(mending kalo download lagu rohani, tapi kalo download yang aneh-aneh. Nah loch, hihihi) dari pada sekedar berbicara dengan-NYA, atau membaca dan merenungkan firman-NYA.? . jika kita benar-benar melakukan hal seperti itu, maka jawabanya sudah jelas, YESUS tidak berada pada daftar yang terutama dalam hidup kita. Simpel kan?
Orang-orang yang bergembira dan yang mencintai YESUS dengan sungguh, sama sekali tidak menginginkan atau berharap sesuatu yang lebih hanya untuk menyenangkan dirinya sendiri. tetapi mereka akan berusaha untuk menyenangkan hati-NYA. Sama seperti orang yang jatuh cinta dan berusaha sekuat tenaga untuk membuat orang yang mereka cintai bahagia dan bangga karena sudah memilihnya, sama seperti itulah seharusnya cinta kita pada-NYA, karena ketika kita benar-benar mengidolakan, mencintai, dan menggilai YESUS dalam hidup kita, maka kita pun akan mempercayai-NYA untuk segala sesuatu dalam hidup kita. sama halnya ketika kita mencintai seseorang dengan tulus, maka kita pun akan sangat mempercayainya, meskipun terkadang kita tahu dia tidak sepenuhnya jujur, tetapi kita tetap percaya. Jadi bagaimana mungkin kita tidak dapat mencintai dan mempercayai YESUS yang tak pernah berbohong.? Karena janji-NYA adalah YA dan AMIN.
Cintailah YESUS dengan sungguh, dan buatlah DIA bangga karena sudah memilihmu untuk mengenal dan mencintai-NYA. Jika saat ini yang berada di daftar utamamu adalah irfan bachdim, christiano ronaldo, justin biber, megan fox, atau mungkin si hendra, si dini, udin, joko, rita, atau siapalah selain YESUS, maka hapuslah dan jadikanlah YESUS sebagai yang pertama dan yang terutama dalam hidup kita. Aku juga akan menghapus iker casillas dari daftarku…wkwkwk. Jadi tunggu apalagi, siapkanlah hatimu untuk mencintai dan mengejar-NYA dalam hidupmu.
Be bless… ^^

                                                                                                       By : THAN